Saturday, August 26, 2017

Bahagia itu bagaimana sih?

Tulisan ini tidak ditujukan ke spesifik orang-orang tertentu ya..., tapi akumulasi dari pengalaman selama puluhan tahun. 

Bahagia itu bentuknya macam-macam.
Bukan semata-mata karena pernikahan, punya anak, harta, dsb.

Jadi bisakah kita berhenti menunjukkan terang-terangan rasa kasihan kepada orang yang belum menikah, orang yang belum punya anak, orang yang anaknya banyak tapi jenis kelamin anaknya sama semua, orang yang punya penyakit tertentu, karena belum melanjutkan sekolah, belum punya ini dan itu, dsb, dsb.
Karena sebetulnya mereka bahagia dan baik-baik saja loh...... tadinya.

Jika hanya terpaksa menikah lalu nanti terjadi perpisahan, kontribusi yang 'buru-buruin' tadi apa? Tidak ada. Jika secara alasan medis atau yg lainnya belum boleh punya anak, tapi dipaksakan cuma karena tidak tahan dengan 'bisikan' orang, nanti kalau ada masalah kesehatan, kita sendiri juga yang rasakan, dsb, dsb.

Kalau memang terbesit rasa kasihan, sebaiknya tidak perlu diutarakan terang-terangan kali ya...
Kecuali memang di saat terjadi pembicaraan in person and heart to heart.
Karena yang tadinya bahagia dan baik-baik saja, bisa jadi terusik pikirannya loh...

Saya sempat mengalami tekanan pikiran itu bertahun-tahun saat belum menikah juga di usia yang mulai ranum, 'seolah belum menikah itu adalah kesedihan yang mendalam' (what?) dan 'seolah saya seperti orang yang sok cantik karena super pilih-pilih'. 
Sedih tau rasanya digituin 😞

Jadi mulai sekarang saya harus lebih hati-hati dalam bertutur untuk dapat berempati perasaan orang lain, begitupun, saya juga tidak ingin membiarkan diri terusik dan terbebani pikiran dengan sudut pandang kebahagiaan itu lagi... 

Cukup dulu enggan bertemu orang-orang kampung karena tidak nyaman ditanya "kapan nikah", masa nanti mau menghindar lagi cuma karena pertanyaan "kapan punya anak", karena nanti pasti akan ada lagi, "kapan mau punya anak cewek/cowok", "kapan mau mantu, anak kamu sudah besar loh", dsb.

Karena kita punya cara menikmati kebahagiaan dan rejeki masing-masing... 🤗

Semoga bagaimanapun kondisi kita, 

kebahagiaan selalu menyertai kita semua. ❤️

Reactions:

0 comments ^_^: